PERBEDAAN HASIL BELAJAR MESIN KONVERSI ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR, MEDIA ANIMASI FLASH, DAN MEDIA PROTOTIPE (BENDA TIRUAN) DI KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AR RAHMAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

SINAGA, DARWIN (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MESIN KONVERSI ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR, MEDIA ANIMASI FLASH, DAN MEDIA PROTOTIPE (BENDA TIRUAN) DI KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AR RAHMAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 508121025 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508121025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508121025 BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508121025 BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mesin konversi energy dengan mengunakan media gambar, media animasi dan media prototipe di kelas X SMK Ar-Rahman Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di 3 (tiga) kelas eksperimen. Kelas eksperimen adalah kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Ar-Rahman Medan tahun pembelajaran 2012/2012 yang terdiri dari tiga kelas. Kelas eksperimen pertama berjumlah 39 orang siswa, demkian juga di kelas eksperimen yang kedua, sementara di kelas eksperimen ketiga berjumlah 38 orang siswa. Ketiga kelas tersebutlah yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sementara objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan penggunaan media gambar, media animasi dan media prototipe beserta hasil belajar mesin konversi energy, pada kompetensi dasar menjelaskan konsep motor bakar.Data penelitian ini dikumpulkan dengan melaksanakan tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 30 butir soal. Sebelum dilakukan tes di tiga kelas eksperimen, lebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda di masing-masing kelas.Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan media gambar, animasi dan prototipe masing-masing 21,92; 22,67 dan 23,74. Dari daftar distribusi F dengan dk pembilang 2 dan dk penyebut 113 dan peluang 0,95 didapat F = 3,09. Sementara dari perhitungan dengan rumus ANAVA diperoleh harga F = 5,1875. Jadi, hipotesis Ho : μ1 = μ2 = μ3 di tolak dalam taraf nyata 0,05.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan hasil belajar Mesin Konversi Energi yang signifikan dengan menggunakan media gambar, media animasi flash, dan media prototipe (benda tiruan) di Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Ar Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Dimana hasil uji lanjut menyatakan bahwa pengunaan media prototipe lebih baik dibanding dengan penggunaan media gambar dan media animasi dengan harga Fgambar-animasi = 1,75; Fgambar-prototipe = 10,34; dan Fanimasi-prototipe = 3,6 sementara harga Ftabel adalah 6,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEfendi, Hidir196101251987031001
Call Number: 620 Sin p
Keywords: Normalitas;Homogenitas;Lanjut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18644

Actions (login required)

View Item View Item