HUBUNGAN MOTIVASI PRAKTEK DAN PEMAHAMAN PENERAPAN PROSEDUR KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK PENGELASAN PADA SISWA KELAS KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 2 PANYABUNGAN T.A 2011/2012

ALGET, SANDRO (2012) HUBUNGAN MOTIVASI PRAKTEK DAN PEMAHAMAN PENERAPAN PROSEDUR KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK PENGELASAN PADA SISWA KELAS KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMKN 2 PANYABUNGAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 COVER.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255120041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kurangnya motivasi praktek dan pemahaman penrapan prosedur kerja siswa, sehingga menyebabkan kurang siapnya siswa untuk terjun kedunia kerja setelah lulus SMK, karena pada dasarnya lulusan SMK itu harus siap kerja setelah lulus SMK. Maka dari itu, penting bagi siswa untuk memiliki motivasi praktek dan pemahaman penerapan prosedur kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara motivasi praktek dan pemahaman penerapan prosedur kerja baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan hasil belajar praktek pengelasan pada siswa kelas X kompetensi keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 2 Panyabungan. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional, yaitu bertujuan untuk memproleh informasi tentang suatu gejala pada suatu penelitian. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk motivasi praktek, angket untuk pemahaman penerapan prosedur kerja dan dokumentasi nilai untuk hasil belajar praktek pengelasan. Jumlah instrumen Motivasi Praktek 30 item yang dinyatakan valid dengan reliabiltas 0,829 tergolong sangat tinggi dan jumlah instrumen Pemahaman Penerapan Prosedur Kerja 29 item yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,862 tergolong sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa angket kedua variabel memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Praktek dengan Hasil Belajar Pada Praktek Pengelasan Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK N 2 Penyabungan T.A 2011/2012. 2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Pemahaman Penerapan Prosedur Kerja dengan Hasil Belajar Pada Praktek Pengelasan Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK N 2 Penyabungan T.A 2011/2012. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Praktek dan Pemahaman Penerapan Prosedur Kerja Terhadap Hasil Belajar Pada Praktek Pengelasan Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK N 2 Penyabungan T.A 2011/2012. 1)Dalam meningkatkan motivasi praktek diharapkan kepada guru pengajar untuk selalu memberikan dorongan-dorongan (motivasi) yang dapat meningkatkan cara dan kualitas belajar siswa. Dengan cara, memberikan motivasi dan pendekatan terhadap siswa. 2)Dalam meningkatkan pemahaman penerapan prosedur kerja siswa diharapkan kepada guru pengajar untuk memberikan arahan agar siswa dapat bekerja dengan baik sesuai dengan SOP dan Undang-Undang K3. 3)Bagi peneliti selanjutnya, maka disarankan bagi peneliti lainnya untuk mengadakan penelitian lebih lanjut guna menemukan faktor-faktor lain yang lebih dominan memberikan kontribusi terhadap motivasi praktek dan pemahaman penerapan prosedur kerja serta hasil belajar praktek pengelasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEfendi, Hidir196101251987031001
Call Number: 620 Alg h
Keywords: Populasi; Sampel; Oprasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18640

Actions (login required)

View Item View Item