ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALATALAT UKUR ANTARA DUA KELOMPOK BELAJAR S ISWA DI AJARKAN DENGAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK SWA BINA KARYA MEDAN T.A. 2011/2012

HALIM, ABDUL (2012) ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALATALAT UKUR ANTARA DUA KELOMPOK BELAJAR S ISWA DI AJARKAN DENGAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF SMK SWA BINA KARYA MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 DAFTAR SI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 0612551220065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan alat ukur mekanik siswa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan konvensional di kelas X TMO SMK Swa Bina Karya Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swa Bina Karya Medan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TMO yang berjumlah 64 orang menjadi 2 kelas yaitu kelas Eksperimen dan Konrol. Penelitian ini merupakan penelitian Hasil Belajar Menggunakan Alat-alat ukur kelas X MO yang pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanan, berpikir bersama dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Pre test dan Post test. Teknik analisis data untuk hasil belajar dilakukan dengan menganalisis nilai tes dan kemampuan siswa menggunakan alat ukur dilakukan dengan cara pengukuran mistar sorong dan Media Gambar.Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan strategi pembelajaran Numbered Heads Together: 7,38 dan pada kelas control yang diajarkan dengan konvensional atau media gambar: 6,61. Dan dengan hasil belajar yang diperoleh melalui tes belajar diakhir perlakuan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang berada pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi Numbered Heads Together lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang diberikan perlakuan konvesional dengan media gambar untuk hasil belajar alat-alat ukur di kelas X SMK Swa Bina Karya Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas X TMO pada standar kompetensi menggunakan alat ukur mekanik mistar sorong SMK Swa Bina Karya Medan tahun ajaran 2011/2012 membuktikan peningkatan hasil belajar dan kemampuan siswa menggunakan alat ukur secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMujisusatyo, Yuniarto19650604 199003 1 004
Call Number: 620 Hal a
Keywords: Hasil Belajar; Menggunakan Alat-alat Ukur.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18637

Actions (login required)

View Item View Item