PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sinambela, Bintang Togina Suryani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01.NIM 2113111011 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.NIM 2113111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.NIM 2113111011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.NIM 2113111011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.NIM 2113111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.NIM 2113111011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.NIM 2113111011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM 2113111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 2113111011 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah two group post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap dua kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Medan yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 244 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 82 siswa yang terdiri dari 41 siswa kelas kontrol (variabel X) dan 41 siswa kelas eksperimen (variabel Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah memilih dua kelas dari enam kelas yang ada dengan syarat bahwa peneliti memberi hak yang sama kepada setiap subjek penelitian untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi sampel. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat, variabel X memperoleh rata-rata sebesar 66,32 dan standar deviasi sebesar 10,51, sedangkan variabel Y memperoleh rata-rata sebesar 76,58 dan standar deviasi sebesar 9,18. Berdasarkan uji normalitas data variabel kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,111 < 0,138, maka dapat dinyatakan bahwa data variabel X berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada variabel eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,135 < 0,138 hal ini menunjukkan bahwa data variabel Y berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung< Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,31 < 1,69, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh to sebesar 4,66, setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 95% dengan dk = (n1+n2-2) = 41+41–2= 80, pada taraf signifikansi harga t(0,95)(80) tidak ditemukan dalam distribusi t, maka untuk mencari harga tersebut ditentukan dengan interpolasi dimana ditemukan ttabel= 1,66. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,66 > 1,66, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap kemampuan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2016 IND 020
Keywords: pengaruh; Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Kemampuan Menulis; Karya Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item