PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SIDIKALANG

Noverica, Sondang (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SIDIKALANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172079 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172079 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172079 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136172079 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172079 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136172079 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172079 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136172079 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172079 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136172079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172079 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136172079 TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172079 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136172079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172079 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136172079 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136172079 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136172079 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172079 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136172079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep dan (3) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel , yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap develop dilakukan dengan disain one group pre-test post-tes. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas 〖VIII〗_5. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas 〖VIII〗_3. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis efektif. (1) Validitas ditunjukkan dari hasil 5 orang validator, rata-rata total validitas untuk RPP: 4,71; LAS: 4,62; Buku Siswa: 4,56; Tes Hasil Belajar: Valid, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 4 ≤ Va < 5). Instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria reliabel berdasarkan nilai reliabilitas instrument pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa masing-masing sebesar 0,93 dan 0,91. (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil: lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,92; Respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,47 dan 3,60, hasil uji keterbacaan ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). (3) Efektivitas dilihat dari uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik (3,50 - 4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Nov p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan pendidikan matematika realistik; Pemahaman konsep; Kemampuan komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Sep 2016 01:45
Last Modified: 06 Sep 2016 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18553

Actions (login required)

View Item
View Item