PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM MEMBENTUK SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PARLILITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sihotang, Marto (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM MEMBENTUK SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PARLILITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3111511008 COVER.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3111511008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3111511008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3111511008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3111511008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3111511008 TABLES.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3111511008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3111511008 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3111511008 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3111511008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru PKn Dalam Membentuk Sikap Demokratis Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Parlilitan Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 1 Parlilitan yang berjumlah 150 orang dan sampel yang digunakan adalah 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 orang, yang ditetapkan dengan acak sederhana (Random Sampling), Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi. Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa guru Pendidikan Kewarganegaraan sangat berperan dalam membentuk sikap demokratis siswa di SMA Negeri 1 Parlilitan. Hal ini dapat terlihat dari hasil angket penelitian terhadap siswa dan hasil wawancara dari guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Parlilitan. Usaha-usaha yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk sikap demokratis siswa seperti membiarkan siswa menumbuhkan sikap demokrasi dengan pengawasan guru, memberi contoh nilai-nilai demokratis yakni memberikan kesempatan kepada pada peserta didik untuk mengeluarkan ide/gagasan dan mengembanggkan sikap adil, terbuka konsisten, menghargai pendapat orang lain, berpikir kritis, selalu mengadakan diskusi jika ada suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan umum, serta selalu berupaya menciptakan suasana yang demokratis di sekolah maupun di luar sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: SK-2015 PKN 011
Keywords: Peran Guru; Membentuk Sikap Demokratis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item