PERAN GURU PKN DALAM PENGEMBANGAN MORAL SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PORSEA

Panjaitan, Alvonco (2015) PERAN GURU PKN DALAM PENGEMBANGAN MORAL SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PORSEA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3113111003 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3113111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3113111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3113111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3113111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3113111003 TABLES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3113111003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3113111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3113111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3113111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengembangan moral siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea TP 2014/ 2015 serta untuk mengetahui pembinaan dan pengembangan moral siswa SMP Negeri 2 Porsea yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan terhadap siswa dan juga untuk mengetahui seberapa besar peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengembangan moral siswa di SMP Negeri 2 Porsea. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea yang berjumlah 185 siswa oleh karena itu peneliti mengambil sampel sebanyak 1 (satu) kelas yang berjumlah 23 orang. Yang menjadi variabel penelitian ini adalah peran guru PKn dalam pengembangan moral siswa sebagai variabel tunggal. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, penyebaran angket dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rumus statistik sederhana (persentase). Dari hasil penelitian di lapangan setelah data yang dikumpul, diolah, dan dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa guru PKn sangat besar peranannya dalam pengembangan moral siswa SMP Negeri 2 Porsea. Guru PKn sudah mengwujudkan usaha, kemampuannya dan peranan dalam membentuk moral siswa di dalam lingkungan sekolah SMP Negeri 2 Porsea. Dalam usaha pengembangan moral siswa SMP Negeri 2 Porsea guru PKn juga mengalami kendala, baik yang berasal dari siswa, lingkungan sekolah, masyarakat dan juga keluarga. Namun dengan kemampuan guru PKn dapat mengatasi kendala-kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Buha195010101974031007
Call Number: SK-2015 PKN 018
Keywords: peran guru; pengembangan moral siswa; peran guru pkn
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18468

Actions (login required)

View Item View Item