PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PKN DI SMP N 19 MEDAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Simatupang, Lisnawati (2014) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PKN DI SMP N 19 MEDAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. cover skripsi q.pdf]
Preview
Text
1. cover skripsi q.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 3. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
3. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. Bab I.pdf]
Preview
Text
8. Bab I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 12. Bab V.pdf]
Preview
Text
12. Bab V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 13. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PKn di SMP N 19 Medan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 19 Medan dan guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 19 Medan. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 19 berjumlah 42 orang diambil secara random sampling (acak sederhana) dari masing-masing kelas VIII dan 3 orang guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP N 19 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini ialah observasi, angket dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rumus statistik sederhana. Dari hasil pengolahan data yang diperoleh dari angket dan wawancara dapat disimpulkan bahwa guru PKn di SMP N 19 Medan sangat berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase data angket yang mendukung hipotesis yang akan dijelaskan pada tabel 22 yakni tabel rekapitulasi jawaban responden dengan hasil persentase sebesar 80 %. Jadi dari hasil data yang diperoleh di lapangan, 80% mendukung bahwa “Guru Pendidikan Kewarganegaraan sangat berperan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PKn di SMP N 19 Medan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 181.160 712 Sim p
Keywords: Peran Guru; Mutu; Pembelajaran; PKN; Mutu Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 17 Dec 2018 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18184

Actions (login required)

View Item
View Item