PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BERSERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Anggraini, Tiara (2014) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BERSERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-BAB V.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-BAB I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 3102111015-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh keterampilan mengajar guru bersertifikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 21 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 225 siswa, dengan sampel 15% dari populasi sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Adapun alat pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, dan angket (questioner) berjumlah 15 soal yang akan diisi oleh responden (sampel). Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus statistik korelasi Product Moment. Korelasi antara variabel x dan variabel y menunjukkan bahwa nilai r_(hitung )> r_(tabel ) atau 0,705>0,329 pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru bersertifikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMA Negeri 21 Medan tahun pelajaran 2013/2014, dan untuk menguji hipotesis apakah hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak dilakukan uji statistika t.Dari analisi hasil penelitian diperoleh t_(hitung )>t_(tabel )atau (5,623 > 2,037) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (34-2 = 32) dengan demikian hipotesis (Ha) alternatif dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMelianti, Yusna19560081985112001
Call Number: 371 120 71 Ang p
Keywords: Keterampilan Mengajat; Guru; sertifikasi Guru; Mamnfaat dan Tujuan; Evaliasi Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18099

Actions (login required)

View Item View Item