UPAYA GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 2 PANGURURAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Simanihuruk, Rianto (2014) UPAYA GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMA NEGERI 2 PANGURURAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 3103111071-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Salah satu isu penting dalam penyelenggaraan pembelajaran di negara saat ini adalah peningkatan mutu atau kualitas pembelajaran. Upaya peningkatan mutu pembelajaran dapat diupayakan dengan melihat dan meningkatkan sistem pengelolaan efektifitas yang bersangkutan. Peningkatan proses pembelajaran ini akan sangat tergantung di antaranya pada pengelola sekolah dan pendekatan yang dilakukan oleh guru. Proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar apabila guru berhasil mengelola kelasnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana upaya Guru PKn Dalam Meningkatkan Pembelajaran PKn serta apa saja upaya Guru PKn dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Untuk mencapai maksud tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrument pedoman Angket, wawancara kepada guru PKn, dan observasi.Untuk mudah memperoleh data tersebut populasi dalam penelitian ini adalah Guru PKn dengan jumlah 2 orang dan seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pangururan yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 205 orang siswa. Dengan demikian, penulis menentukan sampel 25% dari jumlah populasi yaitu 52 orang siswa yang dipilih secara acak sederhana (Random Sampling).Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya upaya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hal tersebut diperkuat oleh data yang menunjukkan rata-rata 43 responden guru PKn melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model-model pembelajaran seperti Contextual Teaching and Learning (CTL), Jigsaw serta tanya jawab dan pemberian tugas. Sesuai dengan hasil data tabulasi jawababan responden secara keseluruhan. Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil atau sesuai dengan expektasi peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadiningrum, Sri196709131993102002
Call Number: 181.160 712 Sim u
Keywords: Upaya Guru; Peran Guru; Tugas dan Tanggung Jawab Guru; Kemampuan Guru; Perencanaan Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item