PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.A 2012-2013

Astuti, Susanti Widhi (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.A 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 BAB V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071233220074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perbaungan T.A 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perbaungan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan control. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar melalui penggunaan media puzzle pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest adalah 39,12 standar deviasi diperoleh 9,46 dan varians diperoleh 89,59 nilai posttest pada kelas ekperimen diperoleh rata-rata 72,75 standar deviasi diperoleh 11,37 dan varians diperoleh 129,42, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan pengajaran konvensional pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest adalah 41,75, standar deviasi diperoleh 12,83 dan varians diperoleh 164,80 nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 46,50 standar deviasi diperoleh 11,39 dan varians dieroleh sebesar 129,74. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 menggunakan uji-t dua pihak untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal dan diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarifah, 195907031986012001
Call Number: 909 071 2 /Ast/p
Keywords: Hasil belajar ; Sejarah ; Media puzzle ; Media pembelajaran ; Populasi penelitian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18001

Actions (login required)

View Item View Item