MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SEJARAHSISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELASX SMA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Ritonga, Asmidar (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SEJARAHSISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELASX SMA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-LEMBAR PNEGESAHAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309421002-BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dankeaktifan dalam belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidengan diterapkannya model pembelajaran problem solving dapat meningkatkanaktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMA SINAR HUSNI Medan Tahun Ajaran2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA SINAR HUSNI Medan pada semesterganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek adalah siswa kelas X yangberjumlah 50 orang. Penelitian ini merupakan penelitian expost fakto yangdilakukan di kelas yang terdiri dari 4 pertemuan, dimana dalam tiap pertemuanterdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknikpengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisisdata adalah dengan data kualititatif dan data kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatanaktivitas belajar siswa, pada awal dilakukan pre test hasilnya dari jumlah 50 siswahanya 28 siswa yang mencapai ketuntasan yakni 70 56 Setelah dilakukanmodel pembelajaran Problem Solving dan dilaksanakan pos test maka nilaiketuntasan siswa mencapai 44 siswa 88Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solvingpada standar kompetensi menganalisis peradaban Indonesia dan Dunia dapatmeningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMA SINAR HUSNIMedan Tahun Ajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan aktivitas belajar yangsignifikan ditandai dengan nilai rata-rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTanjung, Samsidar195906261986012001
Call Number: 909 071 2/Rit/m
Keywords: Metode pembelajaran ; Problem soluma ; Aktivitas belajar ; Nilai aktivitas dalam pengajaran ; Hipotesis tindakan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17964

Actions (login required)

View Item View Item