ANALISIS KENDALA GURU DALAM MENGAJARKAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 4 BALIGE

Siahaan, Fhatar (2014) ANALISIS KENDALA GURU DALAM MENGAJARKAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 4 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-BAB VI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 309121022-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa kendala guru dalam mengajarkan IPS Terpadu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 BaligePopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi IPS Terpadu sebanyak 6 orang guru yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian iniTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi wawancara dandokumentasi Observasi dilakukan dengan cara mengamati langsung proses mengajar IPS Terpadu masing-masing guru secara langsung sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Dimana pada saat melakukan observasi guru dinilai dengan instrument penilaian yang telah disusun yang memiliki nilai 1 sampai dengan 5 masing-masing indikator Kemudian dilakukan wawancara tertutup dimana hasil wawancara juga memiliki nilai yang sama. Perolehan hasil nilai akan diolah menjadi data yang dapat dikategorikan sesuai kemampuan guru dalam mengajar.Hasil penilaian menunjukkan dari pengolahan data dengan menggunakan rumus statistik sederhana yaitu P f N X 100 dimana f dari keseluruhan indicator penilaian diperoleh hasil 342 3 5 X 100 68 46 yang dikategorikan mengalami kendala Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru mengalami kendala dalam proses mengajar IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Balige.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyarifah, 195907031986012001
Call Number: 909 071 2 /Sia/a
Keywords: Mengajar kan ips terpadu ; Kurikulum ; Strategi belajar ; Kopensi guru ; Peserta didik ; Bahan ajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17950

Actions (login required)

View Item View Item