PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN DAN TANPA MEMANFAATKAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK HIDROSFER DI KELAS X SMA PLUS SWASTA AL-AZHAR MEDAN T.P 2011/2012

Daud, (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN DAN TANPA MEMANFAATKAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK HIDROSFER DI KELAS X SMA PLUS SWASTA AL-AZHAR MEDAN T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 061233310066 Cover.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 061233310066 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 061233310066 Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 061233310066 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 061233310066 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 061233310066 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 061233310066 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 061233310066 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 061233310066 Bab I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 061233310066 Bab VI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 061233310066 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan dan tanpa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran pada materi pokok hidrosfer di kelas X SMA Plus Swasta Al-Azhar Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Plus Swasta Al-Azhar Medan tahun 2012. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 102 orang. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak (random sampling) yang masing-masing kelas terdiri dari 20 orang, dimana kelas X-C diberi pengajaran dengan memanfaatkan blog dan kelas X-D diberikan pengajaran dengan tanpa memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen objektif tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t pada taraf signifikan α = 0,05.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan blog lebih tinggi yaitu 86,35, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa memanfaatkan blog adalah 80,85. Berdasarkan pengujian statistik diperoleh thitung = 8,23 dan ttabel 2,024, maka thitung > ttabel (8,23 > 2,024) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar materi pokok hidrosfer siswa yang diajarkan dengan menggunakan blog lebih tinggi daripada hasil belajar materi pokok hidrosfer siswa tanpa menggunakan blog di kelas X SMA Plus Swasta Al-Azhar Medan T.P 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17452

Actions (login required)

View Item View Item