IDENTIFIKASI PERMASALAHN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNIK CRITICAL INSIDENT PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI IPS SMA SWASTA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN

Wardani, Munira Kesuma (2012) IDENTIFIKASI PERMASALAHN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNIK CRITICAL INSIDENT PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI IPS SMA SWASTA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081233310007 COVER.pdf]
Preview
Text
081233310007 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 081233310007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
081233310007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 081233310007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081233310007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 081233310007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081233310007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 081233310007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081233310007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 081233310007 Bab I.pdf]
Preview
Text
081233310007 Bab I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 081233310007 Bab VI.pdf]
Preview
Text
081233310007 Bab VI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 081233310007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081233310007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas belajar geografi siswa dengan menggunakan Teknik Critical Insident pada Materi Lingkungan Hidup. (2) Persepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan Teknik Critical Insident. (3) Permasalahan yang dihadapi guru dalam menggunakan Teknik Critical Insident. (4) Hasil belajar geografi siswa dengan menggunakan Teknik Critical Insident pada Materi Lingkungan Hidup Di Kelas XI IPS SMA Swasta Laksamana Martadinata Medan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas XI IPS-4 yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, angket persepsi, lembar wawancara, laporan diskusi kelompok dan tes tertulis sebagai alat mengevaluasi aktivitas, persepsi, pemasalahan guru serta hasil belajar dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Teknik Critical Insident meningkat sebesar 7,41% (77,78% pada siklus I menjadi 85,19% pada siklus II). (2) Persepsi siswa terhadap pembelajaran menggunakan Teknik Critical Insident menunjukkan persepsi yang positif, terlihat dari banyaknya siswa menyatakan setuju (80,9%) dengan pernyataan yang telah diajukan dibandingkan pernyataan yang tidak setuju (19,1%). (3) Permasalahan yang dihadapi guru dalam penerapan teknik Critical Insident ialah a) banyaknya siswa menyebabkan banyaknya kelompok, b) membutuhkan waktu yang panjang untuk menerapkan teknik Critical Insident, c) tidak seimbangnya luas kelas dengan jumlah siswa, dan d) kurangnya pengetahuan tentang penggunaan infokus. (4) Hasil belajar siswa pada materi Lingkungan Hidup dengan menggunakan Teknik Critical Insident juga meningkat, sebesar 16,67% (70,37% pada siklus I menjadi 87,04% pada siklus II). Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian dapat diterima. Artinya bahwa dengan menggunakan Teknik Critical Insident Pada Materi Lingkungan Hidup dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, memberikan Persepsi yang positif dari siswa dan hasil belajar siswa di SMA Swasta Laksamana Martadinata Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 910.071 War i
Keywords: Permaslahan pembelajaran; Critical insident; Lingkungan hidup
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 28 Dec 2016 09:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item
View Item