PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN BERBASIS DISCOVERY

Pangaribuan, Melva Elvrida (2015) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN BERBASIS DISCOVERY. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136176021 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136176021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8136176021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136176021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136176021 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136176021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136176021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136176021 LIST OF APPENCIES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8136176021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 8136176021 CHAPER V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8136176021 BIBLIGRAPHY .pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah alat praktikum berbasis discovery yang dikembangkan dapat meningkatkan respon siswa dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Van den Akker. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Katolik Mariana Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 orang yang dibelajarkan menggunakan alat praktikum berbasis discovery pada kegiatan praktikum. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi alat praktikum oleh tim ahli materi dan media, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap alat praktikum berbasis discovery, dan lembar observasi afektif dan psikomotorik siswa yang digunakan pada setiap proses pembelajaran serta tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda terdiri dari 15 pertanyaan yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat praktikum berbasis discovery yang dikembangkan dapat meningkatkan respon siswa dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Nurdin196404181990031003
Thesis advisorSani, Ridwan A.196406101988031017
Call Number: 530.071 2 Pan p
Keywords: Alat praktikum; Discovery; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Apr 2016 03:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item View Item