PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTANOPAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nora, Wilda (2013) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTANOPAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
309311056 COVER.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
309311056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembinaan moral siswa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal yang terdiri dari 5 kelas. Dengan jumlah populasi 200 orang. Dengan melihat jumlah populasi yang jumlahnya lebih dari 100 orang maka penulis mengambil sebagian siswa untuk dijadikan sampel. Sebanyak 40 orang yang ditetapkan secara acak sederhana (Random Sampling). Alat pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan adalah Obsevasi, dan Angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistik sederhana (persentase).Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berperan dalam pembinaan moral siswa. siswa tersebut sudah mengetahui dan menerapkan pengertian, maksud, isi Pancasila dan bagaimana menjadikannya sebagai pandangan hidup dan pengendalian diri dari setiap tindakan dan perbuatannya. Terlihat pada sikap dan tingkah laku dan tata bahasa yang selalu mematuhi segala peraturan-peraturan yang ada di sekolah dan juga di lingkungan masyarakat, bangsa dan negara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Buha1950101976031007
Call Number: 181.160 712 Nor p
Keywords: Peran dan guru; PKN; Moral; Pembinaan moral; Moral siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17278

Actions (login required)

View Item View Item