EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINNING (SFAE) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMAN 9 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Artina, Seri (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINNING (SFAE) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMAN 9 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 309111067 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 309111067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penggunaan model pembelajaranStudent Facilitator and Explainning (SFAE) ini diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi dalam penelitian ini adalah 227 siswa kelas XI SMA Negeri 9 Medan.Sampel pada penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 9 Medan.Peneliti menggunakan purposive sampling.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal siklus, observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Dalam penelitian ini diperoleh data bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini ditandai adanya 45% peningkatan persentase kriteria ketuntasan hasil belajar pada pelaksanaan tindakan siklus I yakni 22,5% dan 67,5% siklus II serta peningkatan persentase keseluruhan aspek aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 21,2% dari pelaksanaan tindakan siklus I yakni 46,6% dan 67,8% siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran Student Facilitator and Explainning (SFAE) efektif dalam menumbuhkan minat siswa pada proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMelianti, Yusna195610081985112001
Call Number: 181.160 712 Art e
Keywords: Pendidikan; Model pembelajaran; Student facilitator and explamming; Minat belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17263

Actions (login required)

View Item View Item