DIDONG JALU PADA MASYARAKAT GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (STUDI TERHADAP BENTUK DAN FUNGSI)

Samsiah (2013) DIDONG JALU PADA MASYARAKAT GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (STUDI TERHADAP BENTUK DAN FUNGSI). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.209142049 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. NIM.209142049 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.209142049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM.209142049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (977kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.209142049 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM.209142049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.209142049 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM.209142049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.209142049 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM.209142049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.209142049 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM.209142049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 209142049 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 209142049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.209142049 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.209142049 BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.209142049 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.209142049 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.209142049 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8. NIM.209142049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang proses pertunjukan didong jalu, fungsi didong jalu, bentuk musik dan bentuk penyajian didong jalu pada masyarakat Gayo di Kabupaten Aceh Tengah. Populasi penelitian ini adalah Didong Jalu kesenian tradisional Gayo mempunyai pemain berjumlah 20 orang dalam satu grup, masing-masing terdiri dari 2 orang ceh (vokal), dua orang apit (pendamping ceh), dan selebihnya penunung/penepok (pengikut). Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang. Landasan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tentang pemgertian musik, unsur-unsur musik, fungsi musik, pertunjukan didong jalu, dan bentuk penyajian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, ditafsirkan dan dirumuskan antara data yang satu dengan data yang lain agar data tersebut akurat dan cermat. Teknik pengumpulan data meliputi studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan secara garis besar bahwa kesenian didong jalu memiliki beberapa fungsi yaitu : 1. Sebagai hiburan, 2. Untuk memelihara nilai dan norma adat, 3. Sebagai sosial dan 4. Refleksi dari kegiatan ekonomi. Susunan acara pertunjukan Didong Jalu pada masyarakat Gayo di Kabupaten Aceh Tengah yaitu: Persiapan; kedua group didong harus telah berada di tempat pertandingan satu jam sebelum pertandingan dimulai. Pembukaan (persalaman); gong yang dibunyikan menandai bahwa pertandingan telah dimulai, group yang mendapat giliran pertama mengawali dengan tepukan tangan (tingkah pumu) kemudian diikuti oleh tepuk bantal (penunung) dan beberapa gerakan yang telah ditentukan oleh group itu sendiri. Puncak acara dan penutupan atau ronde gabungan, kedua group akan melantunkan sebuah lagu yang bermakna permintaan maaf. Ketangkasan berbalas syair yang dibalut dengan kata-kata indah dan irama yang menarik dalam Didong Jalu merupakan salah satu keutamaan yang dinilai dalam pertunjukan didong jalu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 784.1 Sam d
Keywords: Bentuk Musik; Unsur-unsur Musik; Pertunjukan; Teori Bentuk Penyajian; Didong Jalu
Subjects: M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 23 Nov 2016 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17080

Actions (login required)

View Item
View Item