PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Anisah, Yana (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113311078 COVER.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 PREFACE.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 TABLES.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113311078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan menganalisis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 419 siswa. Dari 419 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 32 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis teks eksplanasi sebelum menggunakan model discovery learning masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 53,28, sedangkan kemampuan siswa menganalisis teks eksplanasi sesudah menggunakan model discovery learning masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79,06. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (4,96) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima, yang artinya ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan menganalisis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menganalisis teks eksplanasi sesudah menggunakan model discovery learning lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model discovery learning, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2015 IND 075
Keywords: discovery learning; teks eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item View Item