PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Oppusunggu, Tri Wulanry (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111088 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 TABLES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar sebanyak 234 orang dan sampel diambil secara acak sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post test design. Intrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Nilai rata-rata post test adalah 70,75, sedangkan nilai pre test adalah 64,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis cerpen setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Uji homogenitas berdasarkan tabel distribusi F pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang dan dk penyebut 32, diperoleh Ftabel yaitu 1,82 dan Fhitung 1,03. Dapat disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel yakni 1,03 < 1,82. Hal ini memenuhi syarat untuk dilakukan uji homogenitas. Sesudah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 32-1 = 31 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan nilai t0 dan ttabel di atas, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel yakni 3,08 >2,04. Dengan demikian, Hipotesis nihil (Ho) yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan siswa menulis cerita pendek ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang mengatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis cerita pendek diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif dalam menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wisman19780201 200312 1 003
Call Number: SK-2015 IND 134
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek; Kemampuan Menulis Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15642

Actions (login required)

View Item View Item