PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MERINGKAS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sijabat, Friani Herlinda Br (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MERINGKAS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111034 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111034 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2113111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2113111034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2113111034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2113111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 TABLES.pdf]
Preview
Text
2113111034 TABLES.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
2113111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2113111034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2113111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2113111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 2113111034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2113111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan meringkas teks cerita pendek oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Binjai yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 324 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 36 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampel bertujuan atau purposive sample. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one gruop pre-test post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Nilai rata-rata pre-test adalah 63,80, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,72. Nilai rata-rata pre-test tergolong dalam kategori kurang, dan nilai rata-rata post-test tergolong dalam kategori baik.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 35. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 6,49 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan meringkas teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 199
Keywords: model pembelajaran inkuiri; meringkas teks cerita pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15562

Actions (login required)

View Item
View Item