PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIJAMAPOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Simamora, Corsalina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIJAMAPOLANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103111008 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang siswa dari 103 populasi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test only, yang dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja tetapi dua kali diberi test. Tes yang pertama disebut pre-test, yakni sebelum mendapat perlakuan dan tes yang kedua disebut post-test, yakni setelah mendapat perlakuan model pembelajaran inkuiri. Alat atau instrumen penelitian ini adalah essay test. Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan ujistatistik yaitu uji-t pada taraf signifikan 5%= 1,71. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,65>1,71 atau 1,71<3,65, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks tanggapan deskriptif. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat mempengaruhi kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sijamapolang tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Sanggup19541110 198003 1 007
Call Number: SK-2015 IND 089
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Menulis Teks Tanggapan Deskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item