PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2014/2015

Suyanti, Ade Jania (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311001 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CIRC oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Balai tahun ajaran 2014-2015, untuk mengetahui kemampuan membaca cepat tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Balai tahun ajaran 2014-1015, dan untuk mengetahui kemampuan membaca cepat setelah menggunakan model pembelajaran CIRC pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Balai Tahun ajaran 2014-2015. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjung Balai Tahun ajaran 2014-2015. Populasi pada penelitian ini berjumlah 222 siswa yang tersebar atas 6 kelas. Sampel berjumlah 74 siswa yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-1 berjumlah 37 siswa yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen menggunakan metode discovery learning dan kelas X-2 berjumlah 37 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dan dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa tes, yaitu tes kemampuan membaca cepat. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis atau uji-t. Hasil pengujian pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,02 > 1,669 maka HO diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian hasil kemampuan siswa dalam kemampuan membaca cepat yang diajar dengan menggunakan model cooperatif integrated reading and composition lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah. Dengan kata lain, metode cooperative integrated reading and composition berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca cepat pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Balai tahun pembelajaran 2014-2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBasyaruddin, 195809041986011001
Call Number: SK-2015 IND 158
Keywords: model pembelajaran CIRC; membaca cepat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15523

Actions (login required)

View Item View Item