PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA TAJUK RENCANA HARIAN KOMPAS OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Pangaribuan, Akdesia Oidiana (2015) PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI PADA TAJUK RENCANA HARIAN KOMPAS OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111003 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 TABLES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model inkuiriterhadapkemampuanmembedakanfaktadanopinipadatajukrencanahariankompasolehsiswakelas XI SMA Negeri 10 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitianyang digunakan adalahone gruop pre-test post-test design yaitumodel eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satukelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 222 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 38 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan teknik acak kelas atau random sampling class. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 61,05 dan standar deviasi sebesar 12,30 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata sebesar 80,26dan standar deviasi sebsar 10,63. Berdasarkan uji normalitas data pre-test diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,12< 0,14 maka dapat dinyatakan bahwa data pre-testberdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada data post-testdiperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,13< 0,14 hal ini menunjukkan bahwa data post-testberdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung< Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,33< 1,76, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh tosebesar 7,22setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (n-1) = 38-1= 37, dari dk 37 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% =2,026. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7,22>2,026,maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil(Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterimayang berarti model inkuiriberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanmembedakanfaktadanopinipadatajukrencana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBasyaruddin, 19580904 19860 1 001
Call Number: SK-2015 IND 048
Keywords: model inkuiri; membedakan; fakta; opini; tajuk rencana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15519

Actions (login required)

View Item View Item