EFEKTIVITAS MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (EXPLICIT INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XII SMA SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014

Simaremare, Chihat Maichel (2014) EFEKTIVITAS MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (EXPLICIT INSTRUCTION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XII SMA SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN TAHUNPEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071222120030 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Pengajaran Langsung (explicit instruction) Terhadap Kemampuan Berpidato pada Siswa Kelas XII SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Swasta Santa LusiaSei Rotan sebanyak 146 orang. Sampel diambil sebanyak 80 orang, 40 oranguntuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpidato. Nilai rata-rata kelaseksperimen adalah 76,875 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 71,125. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpidato di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis data juga (uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis) dapat disimpulkan bahwa, data kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal, kedua data homogen, dan hipotesis diterima. Uji normalitas diuji dengan menggunakan Liliefours. Data eksperimen Lhitung = 0.097 dengan menggunakan &#945; = 0,05 dan N = 40 maka nilai kritis melalui uji Liliefors diperoleh Ltabel = 0.140.Ternyata Lhitung < Ltabel (0,097 < 0,140) ini membuktikkan bahwa data kelas eksperimen (X1) berdistribusi normal. Sedangkan kelas kontrol Lhitung = 0.138 dengan menggunakan &#945; = 0.05 dan N = 40 maka nilai kritis melalui uji Liliefors diperoleh Ltabel = 0.140. Ternyata Lhitung < Ltabel (0.138 < 0.140) ini membuktikkan bahwa data kelas kontrol (X2) berdistribusi normal. Dari perhitungan di atas diperoleh X2 (Chi-Kuadarat) hitung sebesar 0.202 Harga x2tabel pada taraf kepercayaan 95% dengan dk 39 adalah 54.60. Ternyata x2 hitung < x2 tabel yaitu 0.202 < 54.60. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen. Setelah t diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5 % maupun 1% dan dk = (Ni + N2) – 2 = (40 + 40)- 2 = 78. Pada tabel t dengan dk 78 diperoleh taraf signifikan 5% = 1.99dan taraf signifikan 1% = 2.64 karena to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 1.99< 3.210 > 2.64. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima menyatakan bahwa berarti dalam pelajaran berpidato dengan menggunakan model pengajaran langsung (Explicit Instruction) lebih efektif dibandingkan dengan model ekspositori pada siswa kelas XII SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBasyaruddin, 19580904 198601 1 001
Call Number: 808.510 712 Sim e
Keywords: Model pengajaran langsung; Model ekspositpri; Kemampuan berpidato; Peran guru; Explicit instruction.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item