PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Rizqi, Miftah (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran tradisional, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran tradisional, (3) mengetahui susunan/proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan koneksi dan komunikasi matematika siswa Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan dan sampelnya adalah: siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kualuh Selatan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kualuh Selatan sebagai kelas experimen. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Proses penyelesaian masalah jawaban siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Peneliti menyarankan: (1) Agar model pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa (2) Perangkat pembelajaran dipersiapkan secara matang serta disesuaikan dengan indikator kemampuan dan alokasi waktu yang harus dicapai (3) Agar selektif dalam memilih materi yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah karena tidak semua materi cocok diterapkan dengan pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Call Number: 516.150 712 Riz p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan koneksi matematis; Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1544

Actions (login required)

View Item View Item