PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BISU (SILENT DEMONSTRATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014

Manullang, Wita Astari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BISU (SILENT DEMONSTRATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103311051 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103311051 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran demonstrasi bisu (silent demonstration) terhadap kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 orang, kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang yang diambil dengan proses simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh rata-rata pretest = 64,52, standar deviasi = 6,26, standar eror = 1,14. Pada post-test, diperoleh rata-rata = 73,7, standar deviasi = 8,32, standar eror = 1,52. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test berdistribusi normal. Harga F didapat dari tabel dengan taraf nyata = 0,05 atau F0 (n1-1n2-1) Fhitung<Ftabel atau 1,76 < 1,84 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh nilai to = 4,83. Setelah t0 diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel 1 pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 31-1 = 30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0>ttabel, yakni 4,83 > 2,04. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran demonstrasi bisu dalam kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosdiana195908281986012001
Call Number: 808.107 12 Man p
Keywords: pembelajaran silent demonstration; menulis puisi; kemampuan; menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item