PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014

Panggabean, Jamaria Gracia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103111032 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan memahami teks berita. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 240 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VIII Boyle yang siswanya berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis mencocokkan jawaban dengan pilihan jawaban yang tersedia.Dari pengolahan data diperoleh hasil data pre-test dengan rata-rata = 55,91, standard deviasi = 9,43 dan termasuk pada kategori baik, cukup dan kurang yakni 10% dari kategori baik, 50% dari kategori cukup, dan 40% dari kategori kurang. Hasil data post-test dengan rata-rata = 79,83 standard deviasi = 10,84 dan dari kategori sangat baik, baik, cukup, dan sangat kurang yakni 30% dari kategori sangat baik, 56,6% dari kategori baik, 6,7% dari kategori cukup,dan 6,7% dari kategori sangat kurang. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 8,98. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df =30 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 8,98 > 2,04, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan memahami teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: 801.959 071 2 Pan p
Keywords: pembelajaran complete sentence; manfaat berita; teks berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item