PENGARUH MODEL PEMBELAJARANTIM PENDENGAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEHSISWA KELAS X SMA SWASTA KATOLIK 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Barus, Pebryani Br (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANTIM PENDENGAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEHSISWA KELAS X SMA SWASTA KATOLIK 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209111052 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 BAB I.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model tim pendengarpada siswa kelas X SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran2013//2014. Populasi penelitian ini adalah 240 Siswa dan sampel penelitiandilakukan terhadap 80 siswa kelas X SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe TahunPembelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakanteknik penarikan sampel dengan teknik acak kelas.Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulisparagraf argumentasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran timpendengar dan membandingkannya dengan model pengajaran langsung untukmengetahui pengaruh model pembelajaran tim pendengar.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, nilai rata-rata kemampuanmenulis paragraf argumentasi siswa dengan menggunakan model pembelajarantim pendengar pada siswa kelas X SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe TahunPembelajaran 2013/2014 adalah 70,8. Nilai rata-rata kemampuan menulis paragrafargumentasi siswa dengan menggunakan model pengajaran langsung pada siswakelas X SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah81,5. Model pembelajaran tim pendengar berpengaruh dalam meningkatkankemampuan siswa menulis paragraf argumentasi. Ini terbukti dari hasil uji tdiperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 3,84>2,02.Untuk itu, perlu guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempatmeningkatkan pembelajaran menulis paragraf argumentasi kepada siswa denganmenerapkan model pembelajaran tim pendengar, karena model pembelajaran initerbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis paragrafargumentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: 808.060 712 Bar p
Keywords: Model Pembelajaran; Tim Pendengar; Kemampuan Menulis; Paragraf; Argumentasi; Penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15307

Actions (login required)

View Item View Item