PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA SISWA KELAS VII SMP PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Fatimah, Siti (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA SISWA KELAS VII SMP PERGURUAN BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311119 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311119 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang cenderung sulit untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam bercerita. Kesulitan tersebut timbul karena kurangnya sikap percaya diri siswa dalam bercerita dan model pembelajaran yang dipakai guru bersifat monoton dan kurang memotivasi siswa . Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran menceritakan tokoh idola belum memenuhi indikator tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengujicobakan model kooperatif dengan teknik talking stick dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu one group dengan pretest -posttest desain kelompok tunggal yang dilakukan pada anggota populasi, yaitu kelas VII SMP Perguruan Budi Agung Medan dengan sampel penelitian kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menceritakan tokoh idola sebelum dan sesudah menggunakan model kooperatif dengan teknik talking stick.Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pretest memiliki rata-rata 67.42, dengan standar deviasi sebesar 1.29 ; dan 2) kelompok posttest memiliki rata-rata 78.85 dengan standar deviasi sebesar 1.26. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) kelompok pretest memperoleh harga Lh (Lhitung ) = 0.1622 dan Lt (Ltabel) = 0.227. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0.1622< 0.227. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menceritakan tokoh idola tanpa menggunakan model kooperatif dengan teknik talking stick berdistribusi normal; dan 2) kelompok posttest memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0.1833 dan Lt (Ltabel) = 0.227. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0.1833< 0.227. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menceritakan tokoh idola dengan menggunakan model kooperatif dengan teknik talking stick berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas varians kelompok sampel yang diteliti diperoleh F hitung = 1.05 dan F tabel = 2.48. Harga Fhitung < Ftabel yaitu 1.05< 2.48. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen.Hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 3.97>2.14 pada taraf signifikansi 5% dan Maka perhitungan uji hipotesis nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model kooperatif dengan teknik talking stick berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menceritakan tokoh idola siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuprakisno, 19720705 200312 1 015
Call Number: 808.543 071 Fat p
Keywords: Pembelajaran; Kooperatif; Bercerita; Tokoh; Idola; Penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item