PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA DIPANEGARA TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Wijaya, Windy (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA DIPANEGARA TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311134 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311134 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa SMA Swasta Dipanegara Tebing Tinggi tahun pembelajaran 2012/2013. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini, data penelitian diambil dari 120 populasi dengan sampel 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode post test only one design group, yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual, dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran konvensional. Alat atau instrument penelitian ini adalah test unjuk kerja. Dari perhitungan analisis data, diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,2, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 69,97. Dengan demikian, diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 3,72, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = (N1 +N2) - 2 = 58. Pada tabel t dengan df = 58 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00. Kriteria pengujian adalah H0 ditolak jika t0 > tt dan H0 diterima jika t0 < tt. Dari hasil pengujian, terbukti bahwa t0 (3,72) > tt (2,00) pada &#945; = 0,05. Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif), yakni “kemampuan menulis naskah drama siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual lebih baik daripada kemampuan menulis naskah drama siswa yang diajarkan dengan menggunakan media konvensional” dengan demikian diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMA Swasta Dipanegara Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 19610420 198703 2 002
Call Number: 808.207 1 Wij p
Keywords: Teoretis; Naskah Drama; Audiovisual; Pembelajar; Media
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item