PENGARUH PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING ‘PENGAJARAN TIMBAL BALIK’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PAGARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Aritonang, Delita Wati (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING ‘PENGAJARAN TIMBAL BALIK’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PAGARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311019 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 BAB I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran kemampuan memahami wacana argumentasi yang menggunakan metode Reciprocal Teaching dengan hasil pembelajaran kemampuan memahami wacana argumentasi tanpa menggunakan metode Reciprocal Teaching. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pagaran tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 215 orang siswa dan pengambilan sampel sebanyak 14%. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu 30 orang siswa dari jumlah populasi 215 orang siswa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test and post test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test sebanyak 1970 dengan rata-rata 65,55, standar deviasi 6,79 dan selanjutnya nilai rata-rata tersebut disesuaikan dengan peringkat nilai sesuai dengan ketentuan Arikunto maka nilai pre test siswa berada pada kategori baik 43,33%, kategori cukup 50%, dan kategori kurang yakni 6,66%. Hasil post test sebanyak 2330 dengan rata-rata 77,66, standar deviasi 8,03, dengan kategori sangat baik 26,66%, kategori baik 60%, dan kategori cukup 13,33%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah = 6,18, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = N – 1 = 30 – 1 = 29. Dari df = 29 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Karena yang diperoleh lebih besar dari yaitu 6,18 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan memahami wacana argumentasi dengan metode Reciprocal Teaching dengan kemampuan memahami wacana argumentasi tanpa menggunakan metode reciprocal Teaching siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pagaran tahun pembelajaran 2012/1013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Thesis advisorBarus, Sanggup195411101980031007
Call Number: 410.071 ari p
Keywords: reciprocal teaching; pengajaran timbal balik; wacana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15111

Actions (login required)

View Item View Item