EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGBALAI

Siahaan, Koko Juandi (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311060 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311060 BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311060 BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Teknik Akrostik terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2011/2012. Sampel penelitian ini berjumlah 70 orang dari 367 populasi yang ada. Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan teknik akrostik, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan teknik ceramah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Randomized Subjects, Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi bebas dalam bentuk essay.Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,31 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 71,81. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,761 pada taraf signifikan α = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 70-1 = 68, maka diperoleh ttabel = 2,00 Jadi, thitung > ttabel = 4,761 > 2,00. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan teknik akrostik efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik akrostik efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2011/ 2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorArnita, 197606212008122001
Call Number: 410.071 Sia e
Keywords: puisi; ceramah; akrostik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item