PENGARUH TEKNIK DESKRIPSI INTERPRETASI, DAN EVALUASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Purba, Perikson (2012) PENGARUH TEKNIK DESKRIPSI INTERPRETASI, DAN EVALUASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071222120041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120041 BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222120041 BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Deskripsi, Interpretasi, dan Evaluasi terhap kemampuan menulis teks beritaoleh siswa kelas VIII SMP Swasta Josua Medan tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 163 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan nilai yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran menulis teks berita.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Rumus yang digunakan adalah uji “t”.Dari pengelolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 64,12, standar deviasi = 9, digolongkan pada kategori baik = 20%, kategori cukup = 37,5%, kategori kurang = 27,5% dan kategori sangat kurang = 15%. Nilai rata-rata postest = 75,25, standar deviasi = 8,29 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 22,5%, baik = 42,5%, cukup = 27,5% dan kurang =7,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 5,70. selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 40-1 = 39. Dari df 40 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,70 > 2,03 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik deskripsi, Interpretasi dan Evalusi berpengarauh terhadap menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 20011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPangaribuan, T.R195703161981031005
Thesis advisorSiregar, Rosdiana195908281986012001
Call Number: 410.071 Pur p
Keywords: deskripsi; interpretasi; evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item