PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Silitonga, Immanuel Doclas Belmondo (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071222110082 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222110082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222110082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222110082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222110082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222110082 BAB I.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222110082 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071222110082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Josua Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Untuk penelitian tersebut data diacak siswa dengan berjumlah 30 orang. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan data dilakukan dengan instrument tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis teks berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas kontrol = 64,06, standar deviasi = 8,43, dan termasuk kategori baik sebanyak 9 siswa atau 30%, kategori cukup sebanyak 18 siswa atau 60%, kategori kurang sebanyak 3 siswa atau 10 % dan sangat kurang = 0%. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen = 81,57, standar deviasi = 7,07, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 11 siswa atau 36,67%, kategori baik sebanyak 17 siswa atau 56,67%, dan kategori cukup sebanyak 2 siswa atau 6,6%. Berdasarkan uji normalitas, hasil post-test kelas kontrol dan post-test kelas eksperimen dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homegenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 14,01. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1, yakni 30-1, dari dk = 29 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,70. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 14,01 > 1,70, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan atas pengggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta Joshua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Thesis advisorSinurat, Tingkos196310011988031004
Call Number: 410.071 Sil p
Keywords: Probing Prompting; menulis teks berita; model ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item View Item