PEMBELAJARAN REKORDER PADA EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SMP NEGERI 2 DELITUA

Sarissa, Vitrina (2014) PEMBELAJARAN REKORDER PADA EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SMP NEGERI 2 DELITUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2114142002 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 BAB I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2114142002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan instrumen rekorder melalui penerapan musik di SMP Negeri 2 Delitua.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Medan sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi peserta ekstrakurikuler rekorder yang terdiri dari 60 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan untuk dua siklus penelitian. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif diperoleh dari dari observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes teori dasar musik dan tes praktek memainkan instrumen rekorder. Berdasarkan tes yang dilakukan dapat diketahui hasil belajar siswa meningkat dalam setiap tes yang dilakukan, hal ini terlihat dari data yang diperoleh pada saat pre tes persentase siswa yang tuntas dalam belajar adalah 27.57%, sedangkan pada tahap post tes pertama persentase ketuntasan belajar siswa menigkat menjadi 52.43%, sedangkan pada tahap post tes yang kedua persentase keberhasilan belajar siswa meningkat menjadi 88.57%. Hasil pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung terlihat siswa sangat termotivasi dan tertarik untuk belajar memainkan instrumen rekorder setelah diterapkan metode team games tournament. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode team games tournament meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami teori musik dan memainkan instrumen rekorder.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilitonga, Pita HD195701141982032002
Call Number: 788.361 9 Sar p
Keywords: Ensambel Musik; Esktrakurikuler; Pembelajaran Musik; Rekorder
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item