STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2015/2016

Naibaho, Nova Juliana (2016) STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123141097_COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123141097_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123141097_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123141097_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123141097_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141097_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141097_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141097_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 7123141097_BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141097_BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141097_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model small group discussion siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam yang beralamat di Jl. Tengku Raja Muda No.1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam yang berjumlah 226 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik random sampling, yaitu kelas X-4 sebanyak 38 siswa dan X-6 sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen 1 untuk pretes diperoleh ratarata 40,8 dan standar deviasi 13, untuk postes 80,1 dan standar deviasi 13,2. Kemudian untuk kelas eksperimen 2 untuk pretes diperoleh rata-rata 48,3 dan standar deviasi 12,6, untuk postes 74 dan standar deviasi 11,1. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% α = 0,05 pada pengamatan n = 38 siswa didapat thitung 2,404 dan ttabel 1,996. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung> ttabel (2,404 > 1,996), dengan kata lain hipotesis diterima jika thitung>ttabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar model pembelajaran small group discussion di kelas X SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMutaminnah, Sri196901161993032002
Call Number: SK-2016 ADP 023
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Model Small Group Discussion; Hasil Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14933

Actions (login required)

View Item View Item