PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Aritonang, Wira Devina (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141157 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141157 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141157 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141157 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141157 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141157 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141157 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141157 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141157 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141157 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141157 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT pada kelas X di SMA Negeri 1 Adiankoting T.P 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Adiankoting yang beralokasi di jln. Tarutung-Sibolga Km.25. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian seluruh kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 137 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan simple random sampling dimana Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen I dengan model STAD dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen II dengan model TGT. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajara ekonomi siswa yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji F dan uji-t. Dari hasil penelitian ini ditentukan data post test nilai rata-rata hasil belajar ekonomi siswa kelas STAD sebesar 60,43 lebih rendah daripada nilai ratarata hasil belajar ekonomi kelas TGT sebasar 73,57 dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap kedua post test. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh yaitu thitung < ttabel (-4,032 < 1,997) pada α = 0,005 bahwa terdapat perbedaan yang negatif dan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih rendah dibandingkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada kelas X di SMA Negeri 1 Adiankoting T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutasuhut, Saidun196608301993031002
Call Number: SK-2016 EKO 014
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions; Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item