PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2015/2016

Turnip, Christian (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7121141004 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7121141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7121141004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7121141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7121141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7121141004 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7121141004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7121141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 7121141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7121141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together Dengan Teams Games Tournament pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode yang eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda yang berjumlah 77 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang terdiri dari dua kelas, XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Random Sampling. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas untuk mengetahui apakah variasi mereka sama atau tidak, uji hipotesis digunakan uji beda dua rata-rata. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah 82,5 dengan standar deviasi 8,19. Sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 65,75 dengan standar deviasi 11,72. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji beda dua rata-rata dengan dk = n1 + n2 - 2 pada tingkat signifikan 0,05. Dari perhitungan itu mendapat thitung = 5,224 dan ttabel = 1,682 dan thitung > ttabel (5,224 > 1,682). Itu berarti bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together Dengan Teams Games Tournament lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyudi196407031991031005
Call Number: SK-2016 EKO 038
Keywords: Model Pembelajaran Numbered Head Together;Metode Pembelajaran Konvensional;Hasil Belajar Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14820

Actions (login required)

View Item View Item