PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN T.P. 2015/2016

Nehe, Robert Larson (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7122141043_COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7122141043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7122141043_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7122141043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7122141043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7122141043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7122141043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7122141043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7122141043_BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7122141043_BAB V.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7122141043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan T.P. 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 69 orang. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel Total Samping sehingga keseluruhan populasi menjadi sampel penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan angket atau kuesioner. Hasil penelitian diperoleh model regresi linear berganda Y = 25,431 + 0,319X1 + 0,428X2 + e. Hal tersebut berarti apabila nilai X1 dan X2 adalah 0, maka nilai Y adalah 25,431. Apabila terjadi kenaikan satu unit nilai X1 maka terdapat peningkatan sebesar 0,319 terhadap Y dan apabila terjadi kenaikan satu unit nilai X2 maka terdapat peningkatan sebesar 0,428 terhadap Y. Koefisien X1 dan X2 bernilai positif yang berarti ada pengaruh positif antara perhatian orang tua dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai R Square sebesar 87,30% yang berarti prestasi belajar ekonomi dapat dijelaskan melalui variabel perhatian orang tua dan intensitas belajar sebesar 87,30%. Sedangkan 12,70% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Secara parsial, terdapat pengaruh signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai > yaitu 4,881 > 1,668. Selain itu juga, terdapat pengaruh signifikan antara intensitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai > yaitu 6,366 > 1,668. Secara simultan, terdapat pengaruh signifikan antara perhatian orang tua dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai > yaitu 225,909 > 3,14. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan intensitas belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAS Al-Washliyah 12 Perbaungan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151987031001
Call Number: SK-2016 EKO 016
Keywords: Perhatian Orang Tua; Intensitas Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item