PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IS SMA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2015/2016

Ambarita, Rufmana (2016) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IS SMA PARULIAN 2 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.7123141129_COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123141129_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 7123141129_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.7123141129_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.7123141129_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.7123141129_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.7123141129_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 7123141129_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM.7123141129_BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.7123141129_BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.7123141129_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IS SMA Parulian 2 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap pretasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IS SMA Parulian 2 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Parulian 2 Medan yang beralamat di jalan Garuda raya perum mandala. Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 38 orang. Sampel dalam penelitian diambil dengan total sampling. Tehnik pengambilan data dilakukan observasi, angket dan dokomuntasi. Validitas angket di uji dengan rumus kolerasi product moment person, sedangkan untuk menguji realibilitas instrument digunakan rumus cronbach lpha. Tehnik analisis data dengan mengunakan rumus regresi linier berganda, uji “t”, uji “F” dan determinasi. Hasil regresi linier berganda diperoleh Y = 8,421 + 0,309X1 + 0,588X2 berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila lingkungan sekolah meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,309 persen dan apabila motivasi belajar meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,588 persen. Pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang postif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa hasil thitung = 2,878 > ttabel = 1,68957 dengan nilai signifikansi 0,007 < α 0,05 dan motivasi belajar juga mempunyai pengaruh yang postif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 6,732 > ttabel =1,68957 dengan signifikansi 0,000 < α 0,05. Hasil perhitungan statistik secara bersama-sama (uji F) menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil Fhitung = 54,575 > F tabel = 3,27 dengan nilai signifikansi 0.000 < α 0.05. Variabel lingkungan sekolah dan motivasi belajar memberikan sumbangan atau kontribusi sebesar 0,757 atau 75,7 % terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra19714032003120013
Call Number: SK-2016 EKO 064
Keywords: Lingkungan sekolah; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item