PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU TAHUN AJARAN 2015/2016

Tamba, Riny Asima (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIEMPATNEMPU TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7122141027 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7122141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7122141027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7122141027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7122141027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7122141027 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7122141027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7122141027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7122141027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7122141027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan kreativitas guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siempatnempu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siempatnempu T.A 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siempatnempu dengan jumlah siswa 74 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu Kelas XI IPS 1(36 siswa) dan XI IPS 2 (38 siswa). Sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden untuk variabel persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan kreativitas guru. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Variabel persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, terdapat 25 butir soal valid, sedangkan kreativitas guru terdapat sebanyak 21 butir soal valid. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 20. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa adalah Kurang. Hasil analisa regresi diperoleh persamaan regresi Y = Y = 0,709 + 0,744X1 + 0,299 X2. . Hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil bahwa Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa yaitu (11,536 > 1,666), Persepsi Siswa tentang Kreativitas Guru yaitu (2,848 > 1,666) . Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji Fhitung, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2015/2016. dengan nilai Fhitung>Ftabel (73,941 > 3,12). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas dan Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siempatnempu T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFitrawaty, 197605112008012012
Call Number: SK-2016 NIAGA 029
Keywords: Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas; Kreativitas Guru; Prestasi Belajar Ekonomi Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item View Item