PENGARUH REINFORCEMENT DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGABINANGA T.P 2015/2016

Brahmana, Onie Yolanda (2016) PENGARUH REINFORCEMENT DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TIGABINANGA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
1. COVER.PDF - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2. LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4. ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3. KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5. DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6. DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8. DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9. BAB I.PDF - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Other
13. BAB V.PDF - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14. DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah, sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reinforcement dan variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 143 orang. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket. Validitas diuji dengan menggunakan Korelasi Product Moment, untuk reliabilitas diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach, sedangkan untuk hipotesis diuji dengan menggunakan uji t dan uji f, besarnya hubungan antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan dengan rumus Analisis Regresi Linear Berganda dan Determinasi. Hasil persamaan liner berganda yaitu Y’ = 18,690 + 0,646X1 + 0,139X2. Dari perhitungan antara variabel reinforcement (X1) dan variasi mengajar (X2) terhadap motivasi belajar (Y) diperoleh Fhitung sebesar 26,438 dan besarnya Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 3,13 sehingga Fhitung = 26,438 > Ftabel dengan tingkat sig < α yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Reinforcement dan variasi mengajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tigabinanga T.P 2015/2016” dapat diterima. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan nilai R Square sebesar 44,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Mayor193505121983031001
Call Number: SK-2016 NIAGA 012
Keywords: Reinforcement; Variasi Mengajar;Motivasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14712

Actions (login required)

View Item View Item