PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SANTO PAULUS MEDAN T.P 2014/2015

Halawa, Arni Lestari (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SANTO PAULUS MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7111141002 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 BAB V.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7111141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Santo Paulus Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Paulus yang beralamatkan di Jln. Pancing 1 No. 9 Martubung, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 83 orang dan sampel berjumlah 83 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan disiplin belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabel tes diuji rumus Cronbarch’s Alpha. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis parsial dan uji hpotesis simultan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 16.Setelah uji validatas untuk variabel motivasi belajar dan variabel disiplin belajar dilakukan terhadap 25 soal angket untuk masing-masing variabel, hasilnya terdapat 20 soal angket yang valid. Hasil reliabilitas angket untuk variabel motivasi belajar diperoleh r11 > rtabel (0,866 > 0,361) dan untuk variabel disiplin belajar diperoleh r11 > rtabel (0,858 > 0,361). Selanjutnya hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 36.125 + 0.256X1 + 0.324X2. Hasil pengujian hipotesis parsial untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel (2,744 > 1,663) dan sig. penelitian < 0,05 (0,007 < 0,05). Sedangkan untuk variabel disiplin belajar diperoleh �ℎ����� > ������ (4,416 > 1,663) dan sig. penelitian < 0,05 (0,000 < 0,05). Kemudian berdasarkan hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung > Ftabel (46,945 > 3,11) dan sig. penelitian < 0,05 (0,000 < 0,05).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus Medan T.P 2014/2015. (2). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus Medan T.P 2014/2015. (3). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santo Paulus Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArwansyah, 19630712 198903 1 002
Call Number: SK-2015 EKO 070
Keywords: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14678

Actions (login required)

View Item View Item