PENGARUH PENGGUNAAN WIFI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Umarsyah, (2015) PENGARUH PENGGUNAAN WIFI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7112141028 COVER.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71112141028 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7112141028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang dilihat dari tahun ke tahun. Penelitian ini membahas tentang apakah ada pengaruh penggunaan Wi-Fi dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Wi-Fi dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar mahasiswa dan untuk mengetahui variabel mana yang lebih dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 141 Mahasiswa dan sampel yang diambil sebanyak 46 mahasiswa dengan teknik Purposive Random Sampling dan instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan Wi-Fi dan Motivasi belajar berupa angket atau kuesioner. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Pearson, dan reliabilitaasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah Regresi Berganda, Uji Asumsi Klasik, dan untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel penggunaan Wi-Fi (X1) memiliki pengaruh positif dengan prestasi belajar mahasiswa (Y) tidak ada pengaruh signifikan karena thitung < ttabel yaitu 1.344 < 2.015. Sedangkan variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang signifikan dengan prestasi belajar mahasiswa (Y) karena thitung > ttabel yaitu 2.110 > 2.025. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F yang sebesar 5.830 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3.21.Penggunaan Wi-Fi dan Motivasi Belajar memiliki determinasi sebesar 21.3% terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa, sedangkan 78.7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian ini.Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang mampu dalam penggunaan Wi-Fi dan memiliki motivasi belajar yang positif berpotensi meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSihombing, Mayor195305121983031001
Call Number: SK-2015 EKO 019
Keywords: Pengguaan Wifi; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item