PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Luthfi, Muhammad (2015) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7113341047 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7113341047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai dengan jumlah 406 siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional sampling dengan sampel 122 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 25 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,707 untuk variabel lingkungan belajar dan 0,741 untuk variable minat belajar. Selain itu digunakan studi dukumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y= 43,586 +0,302X1+0,247X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,399 atau 39,9%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.Kepada pihak sekolah, guru dan orang tua diharapkan mampu memperhatikan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan tujuan untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmadhana, M.Fitri197709142005011003
Call Number: SK-2015 EKO 003
Keywords: Lingkungan Belajar; Minat Belajar dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14512

Actions (login required)

View Item View Item