PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK 2 YAPIM MEDAN T.P 2014/2015.

Situmorang, Daniel Roy (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK 2 YAPIM MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
708114089 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
708114089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar korespondensi siswa kelas X SMK 2 Yapim T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar mata pelajaran korespondensi pada siswa kelas X SMK 2 Yapim T.P 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMK 2 Yapim Medan Jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 2 kelas yang keseluruhannya berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas Y sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 40 orang siswa. Kelas eksperimen diajarkan dengan metode kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar korespondensi siswa berupa objektif test dengan jumlah 20 soal yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dengan terlebih dahulu menghitung uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pos-tes siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe NHT sebesar 4,93 dengan SD = 1,22 sedangkan untuk nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan model konvensional yaitu sebesar 4,85 dengan SD = 1,56. Data yang diuji ternyata berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh harga thitung = 3,46 pada taraf signifikan α = 0,05 dan harga ttabel = 1,67 maka thitung > ttabel yaitu 3,46 > 1,67. Sehingga hipotesis yang berbunyi ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar mata pelajaran korespondensi di SMK 2 Yapim Medan T.P 2014/2015 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar korespondensi pada siswa kelas X SMK 2 Yapim Medan T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Mangarap195208151980111001
Call Number: 651.750 71
Keywords: Numbered Heads Together; Hasil Belajar ;Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item View Item