PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sari, Novita (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103142053 COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103142053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dengan Concept Mapping akan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.Data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 2 siswa kategori aktif dan sangat aktif yaitu 6,25%. Sedangkan pada siklus II diperoleh 25 siswa kategori aktif dan sangat aktif yaitu 78,12% berarti peningkatan 71,87%. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar 43,75% atau 14 siswa dengan rata-rata nilai 70,93, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 87,5% atau 28 siswa dengan rata-rata hasil belajar 82,18. Jika ketuntasan hasil belajar siklus I dibandingkan dengan siklus II, maka diperoleh peningkatan sebesar 43,75%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai 70.Untuk menguji signifikansi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II digunakan rumus uji-t untukdan dk = 321 = 31 diperoleh thitung sebesar 7,40, ttabel sebesar 2,039. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitungttabel yaitu 7,402,039 sehingga hasil belajar akuntansi pada siklus I dan siklus II adalah signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Concept Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lumbanjulu Tinggi Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151987031001
Call Number: 657.071 2 Sar p
Keywords: Model; Pembelajaran; Student Facilitator and Explaining; Concept Mapping; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item