PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SURAT-MENYURAT SISWA DI SMK BM TELADAN MEDAN T.P 2014/2015

Simamora, Tuti Sulastri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SURAT-MENYURAT SISWA DI SMK BM TELADAN MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
7103341119 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7103341119 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar surat-menyurat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar surat-menyurat siswa di kelas X AP SMK BM Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Teladan Medan yang beralamat di Jl. Pukat IV no. 52 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP dengan jumlah siswa 25 orang. Objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 16% atau 4 orang siswa yang termasuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 80% atau 20 orang siswa dalam kategori aktif. Maka terjadi peningkatan sebesar 64% . Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretest dengan nilai rata-rata 33,8. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 10 orang siswa atau 40% dengan rata-rata 55, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya ialah 20 orang siswa atau 80% dengan nilai rata-rata 80,48 terjadi peningkatan sebesar 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X AP SMK BM Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Bangun195404231979031003
Call Number: 651.750 719 Sim p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Guru; Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item